Knowledge Base

Pengertian VPS

Sebuah server sangat menentukan jalannya bisnis online yang Anda geluti. Server yang tidak kuat menampung banyaknya informasi maka secara otomatis akan menimbulkan kekacauan di mana-mana. Transaksi yang seharusnya dapat berjalan dengan semestinya harus terhambat karena adanya kesalahan yang terjadi di server. Hal ini sungguhlah merupakan kerugian tersendiri untuk keberlangsungan bisnis Anda.

VPS merupakan salah satu jenis teknologi server yang banyak digunakan di seluruh dunia. Istilah VPS juga bisa disebut dengan VDS (Virtual Dedicated Server). VPS memberikan layanan server secara virtual dan didedikasikan secara khusus untuk penyewa jasanya. VPS dapat menampung banyaknya traffic yang mengunjungi website Anda. Traffic yang tinggi merupakan salah satu pertanda baik untuk perkembangan bisnis Anda.

Pada dasarnya, konsep VPS dapat diilustrasikan sebagai mesin virtual yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. sama seperti komputer dalam bentuk fisik terpisah yang didedikasikan untuk satu orang. VPS menyediakan fungsi dan keamanan privasi yang sama dengan komputer fisik pada umumnya. Beberapa VPS dapat diinstal pada satu server fisik dengan masing-masing VPS menjalankan sistem operasinya sendiri.

Sebuah VPS dapat diperuntukkan untuk beragam kebutuhan si penyewa jasa. Beberapa hal yang dapat dikerjakan oleh VPS: untuk keperluan perangkat lunak server website, program File Transfer Protocol (FTP), program server email dan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi untuk blogging, vlogging, hingga e-commerce.

VPS juga berfungsi untuk menghubungkan layanan shared server dan layanan dedicated server dengan mengisi kekosongan di antara keduanya. Pada praktiknya, dedicated server dapat memiliki salinan sistem operasinya sendiri. VPS memberikan akses kepada penggunanya dalam sistem operasi. VPS memungkinkan pengguna untuk menginstal segala jenis perangkat lunak yang mampu berjalan pada sistem operasi yang telah terinstal di VPS.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, sejumlah besar perusahaan menawarkan layanan VPS dengan biaya yang bersaing secara sehat antara satu web hosting dengan web hosting lainnya. Web hosting hanya menyediakan akses menuju penyedia VPS. Tanggung jawab terhadap VPS sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari penggunanya.

Terakhir Diperbarui: 10/04/2020 12:31

Total dari 4 / 5 pengguna menganggap artikel ini bermanfaat.

Apakah menurut Anda artikel ini bermanfaat? Ya | Tidak