Knowledge Base

Tips Memilih Nama Domain yang Bagus untuk Website

Situs web yang ada di dunia diidentifikasi oleh sebuah rangkaian angka unik yang disebut alamat IP. Susunan angka memang mudah dimengerti oleh komputer, Tetapi bagi manusia sulit untuk mengingat angka, akan jauh lebih mudah jika menggunakan rangkaian kata.

Sekarang Coba kalian buka web browser, kemudian lihat bagian atas jendela browser di bagian URL. Bagian tersebut dimulai dengan “http: //” di bagian alamat. Bagian kedua dari URL adalah domain

Nah, kata-kata tersebut digunakan untuk mengidentifikasi situs web.

Cara kerja domain hampir sama seperti kita ingin menelepon seseorang melalui smartphone. Misalnya saja kita ingin menelpon teman kita, kita buka kontak hape kemudian ketik nama teman kita yng ingin di telpon.

Cara menentukan Nama Website

• Tentukan nama yang unik dan menonjol dibanding dengan competitor lain. • Gunakan nama domain yang pendek
Jika nama domain Kamu panjang dan ribet, kemungkinan customer kesulitan untuk mengingat domainmu. Atau jika terlalu pendek juga berisko seperti tadi. Disarankan dalam emmeilih domain tidak lebih dari 17 karakter.

• Gunakan keyword yang berhubungan dengan keperluan website
Jika domain ini untuk website bisnis, coba masukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan servis di nama domain Anda. Misalnya, jika Kamu memiliki bisnis laundry, masukkan keyword laundry di domain. Menggunakan keyword pada domain dapat membantu SEO website bisnisagar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu, kamu juga akan meningkatkan traffic website.

• Pikiran Panjang jangka panjang
Meskipun disarankan untuk menggunakan keyword pada nama domain, tapi ingat juga untuk tidak memilih domain yang terlalu niche. Pikirkan juga rencana ke depannya.

Apakah kamu berencana untuk melakukan ekspansi (perluasan)? Misalnya, jika berencana untuk berbisnis di bidang SEO. Mungkin kamu ingin memasukkan kata SEO di nama domain.

Jika kamu melakukan ekspansi tentunya nama ini akan menjadi kurang relevan di masa depan. Mungkin kamu berpikir kalau bisa mengubah nama domain, tetapi mengubah nama domain akan mempengaruhi branding dan ranking SEO.

• Targetkan dimana area Area Kamu
Jika bisnis kamu adalah bisnis lokal, Kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk memasukkan nama kota di domain agar calon customer dan customer lokal dapat dengan mudah menemukan website kamu.

• Research
Sebelum membeli domain, Pastikan dulu, apakah nama yang diinginkan masih tersedia atu tidak. Pastikan juga bahwa nama domain kamu belum di trademark, copyright, atau digunakan oleh perusahaan lain. Jika telah digunakan oleh perusahaan lain, kamu bisa saja terkena masalah legal dan hukum.

• Hindari penggunaan angka dan hyphens
Sebaiknya hindari penggunaan angka dan hyphens (tanda penghubung). Penggunaan hyphens bisa membuat domain menjadi lebih ribet. Intinya, menggunakan hyphens dan angka pada domain akan membuat nama domain menjadi ribet.

• Gunakan extension domain yang tepat
Extension adalah akhiran yang ada pada domain seperti .com atau .net di akhir alamat website. Sampai saat ini, extension .com adalah extension yang paling popular tetapi mendapatkan nama yang pendek dan mudah diingat dengan domain .com memang lebih sulit karena extension ini sudah ada sejak lama. Saat ini, sudah ada banyak generic top-level domains seperti .photography, .guru, atau .id. Mungkin extension-extension seperti ini dapat membantu kamu mendapatkan nama domain yang pendek dan relevan dengan lebih mudah.

Terakhir Diperbarui: 10/04/2020 12:28

Total dari 4 / 5 pengguna menganggap artikel ini bermanfaat.

Apakah menurut Anda artikel ini bermanfaat? Ya | Tidak